Saturday, April 4, 2009

Memanfaatkan Wabah Facebook di Indonesia



Belakangan ini saya sudah beberapa kali membaca berita seputar Facebook di koran Kompas. Pemberitaan di media sekaliber Kompas tidaklah dapat dipandang sebelah mata. Hal ini berarti Facebook akan (atau bahkan telah) menjadi bagian dari gaya hidup netter Indonesia. Dan terbukti benar, paling tidak yang terjadi di kantor saya. Demam Facebook telah melanda. Sebagian besar teman-teman kantor berduyun-duyun membuat account di sana. Bahkan divisi saya mendapat tugas untuk membuat account perusahaan di Facebook sebagai sarana mempromosikan produk kami. Dahsyat bukan.


Demam Facebook kini mirip dengan awal-awal mewabahnya virus Friendster. Mungkin ini sebuah pertanda bahwa Facebook akan menggeser Friendster, walaupun hasil riset Yahoo di Indonesia pada bulan Desember 2008 menunjukkan bahwa Frindster tetap menjadi situs jejaring terdepan di Indonesia. Indikasinya jelas, paling tidak yang terjadi di sekitar saya, teman-teman yang dulunya menjadi pelanggan setia Friendster mulai beralih ke Facebook.


Bagi kita pemilik blog, hal tersebut menjadi peluang yang menjanjikan. Facebook bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan blog. Dengannya, kita bisa mempromosikan blog sekaligus memperluas jejaring pertemanan.


Bagaimana cara yang efektif dalam mempromosikan blog di Facebook? Satu hal yang menurut saya cukup efektif adalah dengan men-search anggota lain yang memiliki minat sejenis dengan tema blog kita. Misalnya blog kita berisi segala hal yang berhubungan dengan traveling, kita search anggota-anggota yang hobinya traveling. Setelah ketemu kita ajukan deh tawaran pertemanan. Kalau di-approve syukur, kalau nggak ya cari lagi yang lain. Lambat laun dengan sendirinya akan terbentuk komunitas dengan tema yang sejenis dengan blog kita. Siapa tahu komunitas tersebut akan menjadi pelanggan setia blog kita.


Mungkin teman-teman memiliki cara-cara lain yang tidak terpikirkan oleh saya. Ada yang ingin menambahkan?

No comments:

Post a Comment